Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Sejumlah Obyek Wisata Andalan Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 21 Mei 2018 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kabupaten Katingan sejauh ini memiliki sejumlah obyek wisata andalan.

Selain Bukit Batu bekas pertapaan pahlawan nasional yang juga gubernur Kalteng pertama Tjilik Riwut, Katingan juga memiliki sejumlah tempat wisata menarik lainnya, seperti Taman Hijau depan kantor Bupati Katingan, kemudian Taman Religi bawah Jembatan Sei Katingan sekitar Masjid Baitul Yaqin Kasongan dan Desa Budaya Betung.

Lainnya ada Taman Pintar dan obyek wisata susur Sungai Katingan.

Tak cuma itu, kabupaten berjuluk Bumi Penyang Hinjei Simpei ini juga memiliki obyek wisata alam lainnya yang sudah dikenal oleh wisatan regional maupun nasional, yakni Kebun Raya Katingan yang lokasinya berada di sekitar obyek wisata Bukit Batu.

Kemudian di Katingan juga ada dua taman nasional. Yang pertama Taman Nasional (TN) Sebangau yang berada di wilayah Kecamatan Mendawai dan TN Bukit Raya Bukit Baka yang berada di wilayah Kecamatan Petak Malai hingga hingga perbatasan Kalimantan Barat (Kalbar).

Lainnya Katingan yang kini dinahkodai Pjs Bupati Katingan Suhaemi ini juga memiliki tempat wisata lainnya seperti Riam Mangkikit yang berada di wilayah Kecamatan Katingan Tengah.

Pada hari libur keagamaan seperti Idul Fitri ataupun libur tahun baru, obyek wisata tersebut ramai dikunjungi wisatawan.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Kabupaten Katingan, Mido Mahar membenarkan jika selama ini daerahnya banyak memiliki obyek wisata cukup menarik, namun yang sudah dikelola baru ada beberapa obyek wisata saja.

"Ia cukup banyak obyek wisata yang ada di Kabupaten Katingan ini, salah satunya Bukit Batu bekas pertapaan pahlawan nasional yang juga gubernur Kalteng pertama Tjilik Riwut," kata Mido S Mahar, Senin (21/5/2018). (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru