Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Arsip masih Dianggap Tidak Penting

  • Oleh Uriutu
  • 03 Juni 2018 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Masih banyak yang menganggap arsip tidak penting, kurang diminati bahkan banyak yang tidak peduli. Sementara sesuai UU No 43 tahun 2009 bahwa arsip sangat penting.

Bahkan, arsip merupakan salah satu simpul pemersatu Bangsa. “Hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 43 tahun 2009 yakni manfaat arsip salah satunya sebagai simpul pemersatu Bangsa,” kata Kepada Dinas Perpustakaan dan kearsipan Barito Selatan, Agus Taruna, Minggu (3/6/2018).

Selain itu, arsip sebagai bukti pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan bersumber dari APBN maupun APBD. Mengingat arsip sebagai penunjang kelancaran pelaksanaan tugas pokok bagi pimpinan.

Maka dari itu, arsip perlu klasifikasi atau mengelompokan  penataan arsip secara sistematis dan efektif. Hal itu agar memudahkan menemukan kembali data atau informasi penting dengan tepat dan tepat.

“Kita menyimpan, memelihara dan menyelamatkan arsip dari lembaga atau badan, swasta dan perorangan. Sebagi bukti pertanggungjawaban tentang perencanaan, pelaksanaan dan penyelenggaraan,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru