Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecanduan Game Bisa Diatasi dengan Pendekatan Edukatif

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 22 Juni 2018 - 15:12 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Mengatasi kecanduan game bisa dilakukan dengan pendekatan secara edukatif. Terkait itu, pentingnya pengawasan orangtua terhadap anaknya agar tidak kencaduan.

"Peran serta orang tua dalam mengawasi anaknya main game juga sangat diperlukan. Game ada yang memiliki manfaat, tetapi tidak sedikit memiliki efek negatif," kata Kabid Penyelenggara E-Government Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas, Nazmiannoor, Jumat (22/6/2018).

Tetapi, efek negatif dari sebuah game bisa ditekan. Salah satu caranya, orangtua harus tegas dan mengatur waktu bagi anaknya untuk bermain game.

"Apabila kecanduan game dibilang sebagai penyakit mental itu terlalu berlebihan. Orangtua perlu melakukan pendekatan secara edukatif untuk mengatasi hal tersebut," ucapnya.

Semua itu tergantung kemampuan anak dalam mengendalikan emosinya saat bermain game, serta cara orangtua memberikan bimbingan.

"Kita juga akan mengimbau pemilik warnet agar mengingatkan pelanggannya yang sudah main berjam-jam, ditegur agar berhenti," katanya. (HARDI SARJITO/B-11)

Berita Terbaru