Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seorang Calon Jemaah Haji Kotim Meninggal Dunia

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 27 Juni 2018 - 20:04 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Seorang calon jemaah haji asal Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), meninggal dunia sekitar sepekan yang lalu.

Hal itu membuat jumlah calon jemaah haji asal Kotim yang berangkat ke Tanah Suci berkurang dari 216 orang menjadi 215 orang.

"Iya ada satu orang meninggal dunia sekitar sepekan lalu. Sehingga berkurang menjadi 215 orang saja yang akan berangkat," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kotim Samsudin, Rabu (27/6/2018).

Calon jemaah haji yang meninggal dunia bernama Badrun. Almarhum juga sudah melunasi semua pembayaran keberangkatan. Sehingga hal itu langsung diberitahukan kepada panitia penyelenggara haji tingkat nasional. Supaya menindaklanjuti jatah kursi yang berkurang tersebut.

"Kalau meninggal dunia saat sudah pelunasan bisa digantikan oleh anaknya. Jadi pihak keluarganya saat ini masih mengurus pemberkasan," kata Samsudin.

Ia menjelaskan bahwa untuk tahun ini, bagi yang meninggal dunia bisa digantikan oleh anak ataupun istrinya. Sedangkan keberangkatan bisa dilakukan pada tahun ini juga atau ditunda pada tahun berikutnya. Sehingga terserah karabat jemaah meninggal dunia tersebut.

"Tahun ini memang bisa digantikan dengan mengutamakan ahli waris dan juga keluarga yang bersangkutan," kata Samsudin.

Sementara untuk di Kotim sendiri, dari 215 calon jemaah haji, berasal dari 10 kecamatan. Tujuh kecamatan lainnya tidak ada yang berangkat haji pada tahun ini. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru