Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hati-hati, Empat Penyakit Ini Bisa Berujung pada Gagal Ginjal

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 29 Juni 2018 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Gagal ginjal adalah penyakit yang susah disembuhkan dan membutuhkan cuci darah paling sedikit dua kali dalam sepekan. Sehingga bagi siapa saja tentu tidak menginginkan diserang penyakit tersebut.

Namun harus menjadi catatan, ada sejumlah penyakit yang bisa membuat gagal ginjal menyerang tubuh. Sehingga harus diperhatikan dan diwaspadai.

"Sedikitnya ada sekitar empat penyakit yang bisa berujung pada gagal ginjal, itu yang harus diperhatikan," ujar Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD Dr Murjani Sampit Yudha Herlambang, Jumat (29/6/2018).

Penyakit tersebut di antaranya adalah diabetes melitus atau kencing manis, hipertensi atau tekanan darah tinggi, dan permasalahan ginjal lainnya. Sehingga kalau sampai mengalami penyakit gagal ginjal, maka fungsi ginjal harus digantikan mesin.

"Kalau bisa jaga kesehatan kita saat ini, jangan sampai penyakit-penyakit tersebut menyerang kita. Terutama pola makan dan juga istirahat harus cukup sehingga saat beraktivitas kita bisa lebih baik," kata Yudha.

Sementara itu, penderita gagal ginjal di Kotim rata-rata akan melakukan cuci darah dua kali dalam sepekan, yakni jumlahnya sekitar 50 orang.

Namun karena keterbatasan mesin yang hanya ada enam buah saja, membuat pasien tidak bisa terlayani semua. "Dengan alat yang ada, kami hanya bisa melayani 35 orang pasien saja dalam sebulan, sedangkan 15 orang sisanya haru ke leuar daerah," terang Yudha. (MUHAMMAD HAMIM/B-2)

Berita Terbaru