Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Katingan Berharap Bandara Tumbang Samba Kembali Berfungsi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 07 Juli 2018 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah warga Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah berharap Bandara Tumbang Samba kembali difungsikan.

"Kami berharap Bandara Tumbang Samba itu bisa difungsikan kembali seperti sebelumnya, sebab kalau dibiarkan mangkrak, itu sangat disayangkan karena membangun bandara memerlukan dana yang tidak sedikit," kata Robi, warga Tumbang Samba, Sabtu (7/7/2018).

Robi mengaku, dulu sekitar tahun 2000 hingga 2010 Bandara Tumbang Samba menjadi andalan warga bagian hulu atau utara Katingan sebagai sarana transportasi udara andalan menuju Palangka Raya.

Pasalnya saat itu, jalur transportasi darat belum lancar. Sementara transportasi air atau sungai butuh waktu lama menuju Kasongan.

"Hampir setiap hari dulu itu selalu ada penumpangnya baik menuju Palangka Raya maupun Palangka Raya ke Tumbang Samba," katanya.

Akan tetapi selepas tahun 2010, ruas jalan darat dari Tumbang Samba menuju Kasongan berjarak sekitar 75 Km itu sudah lancar dilalui kendaraan. Sehingga lambar laun penumpang pesawat di Bandara Tumbang Samba yang hendak ke Palangka Raya berkurang.

Puncaknya tahun 2015 bandara ini tutup total, tidak ada penerbangan alias tidak operasi lagi.

"Tapi kami sebagai warga Tumbang Samba tetap berharap kepada pihak berwenang agar mengoperasikan kembali bandara itu. Sebab selain merupakan kebanggaan warga, juga kalau ada warga sakit mendadak bisa menggunakan pesawat menuju rumah sakit di Palangka Raya," harapnya. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru