Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PT Sulung Ranch Segera Kirim 60 Ekor Sapi untuk Plasma

  • Oleh Masrohan
  • 11 Juli 2018 - 06:08 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PT Sulung Ranch segera mengirim 60 ekor sapi untuk program kemitraan (plasma) antara PT Sawit Sumbermas Sarana (PT SSMS) dengaan kelompok ternak sapi.

Ada tiga kelompok peternak yang menjadi sasaran program kemitraan ini, yakni kelompok peternak di Desa Makarti Jaya Kecamatan Pangkalan Lada dan Desa Kubu Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Manager Plasma PT SSMS Yudi mengatakan, rencana pengiriman 60 ekor sapi untuk tiga kelompok tersebut sudah melalui tahapan, mulai dari sosialisasi, persiapan kandang, persiapan tanaman rumput dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Sebelum sapi tersebut dikirim oleh PT Sulung Ranch sebagai penyedia bibit sapi, dilakukan verifikasi kepada setiap kelompok peternak terutama menyangkut kesiapan kandang dan lahan rumput.

PT Sulung Ranch sebagai pelaksana integrasi sawit sapi dan satu grup dengan PT SSMS saat ini telah memiliki sedikitnya 6.300 ekor sapi.

Untuk ikut membantu memberdayakan kelompok peternak yang ada di wilayah Kabupaten Kobar, PT SSMS gencar memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang akan menjalin kemitraaan melalui program plasma sapi.

“Tanggapan masyarakat pada umumnya bagus, mereka banyak yang berminat dan saat ini ada tiga kelompok lagi yang sedang diproses pengiriman bibit rumput dan sapi," jelas Yudi.

Dengan adanya pengiriman bibit, menurutnya, bukan berarti proses pengiriman sapi menungggu sampai rumput bisa digunakan untuk makan  ternak. Sambil menunggu pertumbuhan rumput, peternak bisa mencari rumput di sekitar wilayah tempat tinggalnya.

Namun dengan ditanamnya rumput tersebut sudah ada kepastian tentang persediaan makan. Selain itu, dari perusahaan juga akan memberikan  pakan tambahan.

Bibit rumput yang akan dikirim berupa stek rumput sejenis rumput gajah. Setiap kelompok akan menerima sedikitnya 2.000 batang. Jenis tanaman rumput tersebut sama dengan yang dikembangkan oleh PT Sulung Ranch untuk memenuhi kebutuhan ternaknya yang terletak di Desa Sulung Kecamatan Arut Selatan. (MASROHAN/B-2)

Berita Terbaru