Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Istilah MOS Telah Diganti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

  • Oleh Testi Priscilla
  • 14 Juli 2018 - 11:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Saat ini istilah masa orientasi siswa (MOS) sudah diganti dengan masa pengenalan ligkungan sekolah (MPLS) untuk penyebutan masa penyambutan siswa baru. 

Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya meminta seluruh sekolah untuk menggunakan istilah baru ini, alih-alih istilah MOS yang sudah tidak berlaku.

"Dinas pendidikan Kota Palangka Raya mengingatkan agar sekolah-sekolah tidak lagi menggunakan istilah MOS yang diperuntukan bagi siswa baru. Saat ini istilah tersebut telah diganti dengan MPLS," kata Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar pada Disdik Kota Palangka Raya, Esra, Sabtu (14/7/2018).

Menurut Esra, istilah MPLS sejatinya sejak lama telah dianjurkan melalui keputusan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang MPLS bagi peserta didik baru.

"Kegiatan MPLS ini hanya diberlakukan bagi siswa baru sekolah tingkat pertama (SMP/sederajat) dan sekolah tingkat atas (SMA/sederajat)," tambahnya.

Yang disesalkan, lanjut Esra, adalah saat praktik kegiatan MPLS ini dalam implementasinya di lapangan selalu mengarah ke luar juknis (petunjuk teknis) yakni kegiatan kebanyakan diisi dengan hal-hal yang bersentuhan dengan fisik, serta beragam penugasan.

"Ini sangat melenceng, seharusnya tidak ada lagi yang berkenaaan dengan fisik atau penungasan kepada siswa baru untuk membawa tetek bengek dan bermacam-macam. Termasuk penampilan siswa baru yang diminta aneh-aneh," tandasnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru