Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Kembali Gelar Festival Babukung

  • Oleh Heriyadi
  • 14 Juli 2018 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah Kabupaten Lamandau tahun 2018 kembali menggelar festival tari topeng atau yang dikenal dengan Babukung. Pelaksanaan Festival Babukung tahun 2018 ini lebih istimewa, karena melibatkan tim ahli dari Institut Kesenian Jakarta. 

"Babukung bukan hanya melestarikan seni budaya suku Dayak Tomun, akan tetapi dapat menarik wisatawan domestik dan mancanegara," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lamandau Frans Effendi diruang kerjanya, Jumat (13/7/2018).

Menurut Frans Efendi, untuk konsep Festival Babukung tahun 2018 ini tentu akan semakin modern, namun tetap mengedepankan seni, budaya dan adat istiadat suku Dayak Tomun. Festival Babukung rencananya akan dilaksanakan pada 17 hingga 19 Juli 2018.

Festival Babukung pertama kali dilaksanakan Pemkab Lamandau pada 2016 dan menjadi agenda rutin setiap tahunnnya. "Namun pada tahun 2017 tidak dilaksanakan, karena Lamandau pada saat itu menjadi tuan rumah penyelenggaraan pesta paduan suara gerejawi (Pesparawi) tingkat Provinsi Kalteng," jelasnya. 

Frans menambahkan, untuk tahun 2018 ini, Pemkab Lamandau bukan hanya menyediakan anggaran penyelenggaraan Festival Babukung, tapi menjadikan program skala prioritas yang harus dilaksanakan. 

Festival Babukung tahun ini akan bekerjasama dengan tim ahli dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ), yang anggarannya dari APBD tahun 2018. 

Festival Babukung tidak hanya memberikan manfaat seperti meningkatkan pelestarian seni dan budaya. Namun dari sisi lainnya akan mampu meningkatkan perekonomian dan menambah pendapatan untuk masyarakat. 

"Tentunya ini menjadi perhatian cukup serius dari Kementerian Pariwisata Repubik Indonesia," harap Frans. (PP/HERIYADI/B-2) 

Berita Terbaru