Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Serius Gali Potensi Pendapatan Asli Daerah

  • Oleh Ramadani
  • 19 Juli 2018 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh- Pendapatan asli daerah (PAD) diharapkan dapat menjadi penyangga dalam penyelenggaraan kegiatan pemerintah daerah.

Dengan semakin banyak kebutuhan daerah yang dapat dibiayai melalui PAD, berarti semakin tinggi pula tingkat kualitas otonomi daerah tersebut. Selain itu, daerah dianggap semakin mandiri dalam bidang keuangan.

Berpedoman pada hal itu, Pemerintah Kabupaten Barito Utara serius menggali potensi PAD dengan mengidentifikasikan sumber yang potensial, terutama dari pajak dan retribusi daerah.

Guna meningkatkan PAD dari sektor pajak dan retribusi, Pemerintah Kabupaten Barito Utara mengadakan rapat koordinasi yang dipimpin Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Aswadinnoor, Kamis (19/7/2018).

Peserta rapat yang berlangsung di aula lantai I Setda itu yakni para pejabat pengelola penerimaan daerah/bendaharawan penerima seluruh perangkat daerah yang mengelola retribusi daerah.

Aswadinnoor dalam kesempatan itu mengungkapkan, berdasarkan hasil evaluasi capaian penerimaan daerah dari sektor retribusi pada semester pertama 2018, telah mencapai 45,73% atau sebesar Rp4,274 miliar dari target Rp9,346 miliar. 

Jika melihat capaian ini, Pemerintah Kabupaten Barito Utara optimistis bisa mencapai target.

“Kalau melihat angka capaian 45% lebih ini, kita optimistis bisa mengejar target PAD dari retribusi daerah. Apalagi jika dibarengi dengan terus mengupayakan mencari potensi pemungutannya. Saya berharap semua perangka daerah yang mengelola retribusi daerah lebih serius lagi,” kata Aswadinnor.

Dalam rapat itu juga disepakati pembentukan tim PAD yang bertugas membuat perencanaan penggalian potensi dan optimalisasi pemungutan penerimaan daerah. Anggota tim yakni selurus SOPD pengelola penerimaan daerah. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru