Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UDD PMI Kotim Miliki Alat Canggih Satu-satunya di Kalteng, Apa itu?

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 30 Juli 2018 - 22:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) memiliki alat canggih dan satu-satunya di Kalimantan Tengah (Kalteng). Alat itu berguna untuk menyaring penyakit yang berpotensi menular melalui transfusi darah, yakni bernama Electrochemiluminescence Immunoassay (Eclia). 

"Setelah kami menerapkan leukodepleted yang berguna menghilangkan leokosit dalam darah, kami kembali mendatangkan alat Eclia, yang berguna untuk menyaring penyakit menular," kata Kepala UDD PMI Kotim Yuendri Irawanto, Senin (30/7/2018). 

Setidaknya ada empat penyakit menular yang diuji dan disaring melalui alat tersebut, yakni hepatitis B, hepatitis c, HIV/AIDS, dan siplis. Dan mesin tersebut memiliki kualitas di atas nasional. Sehingga kinerja atau akurasinya bisa dijamin.

"Kualitas alat ini sudah di atas nasional. Karena biasanya UDD yang sudah madya masih menggunakan Eclia. Sehingga untuk di Kalteng sendiri hanya dimilik UDD Kotim saja,"kata Yuendri. 

Dengan begitu, kualitas pelayanan di UDD PMI Kotim pun meningkat.  Demikian halnya dengan produksi darah yang dikeluarkan. Sebab, Eclia ini mempunyai sensitivitas terhadap empat penyakit itu hampir 100 persen. 

Di sisi lain dengan adanya penerapan alat baru ini biaya yang dikeluarkan pun semakin tinggi. Bila dulu biaya produksi darah Rp 75 ribu hingga Rp 80 ribu kini biayanya mencapai Rp 150 ribu.

”Karena ini permintaan bupati untuk meningkatkan pelayanan transfusi darah, maka kami lakukan. Meski saat ini kami hanya disubsidi pemerintah gedung, sementara biaya operasional  semua dari UDD Kotim,” terang Yuendri. 

Selain eclia, UDD PMI Kotim juga akan segera mengoperasionalkan alat pengolah darah baru. Alat ini nantinya bisa memisahkan sel darah merah yang trombositnya mengalami kerusakan. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru