Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala BKSDA Kalteng Harapkan Jaga Kelangsungan Hidup Penyu

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 24 Agustus 2020 - 13:55 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Wisatawan yang berkunjung ke kawasan Bugam Raya dan menyebrang ke Taman Wisata Alam (TWA) Tanjung Keluang diharapkan dapat menjaga kelangsungan hidup penyu atau kura-kura laut.

Biota laut satu ini termasuk satwa yang dilindungi. Perburuan terhadap satwa itu jelas dilarang. Satwa tersebut perlu dijaga agar tidak terancam punah.

Balai BKSDA Kalteng - SKW II Pangkalan Bun menjaga biota laut ini dengan membuat penangkaran penyu di Taman Wisata Alam (TWA) Tanjung Keluang di Desa Kubu, Kecamatan Kumai.


Kepala BKSDA Kalteng - SKW II Pangkalan Bun Dendi Setiadi menyampaikan, dalam penyelematan kehidupan penyu, tidak cukup dilakukan oleh instansi terkait saja. Namun masyarakat juga diharapkan ikut andil dalam menjaga masa depan kelangsungan hidup penyu.

"Meski sudah ada larangan berburu telur penyu, masih ada juga masyarakat atau nelayan yang mencuri telur penyu. Hal ini sangat kami sayangkan," ujarnya kepada Borneonews, Senin, 24 Agustus 2020.

Penyu yang ditangkarkan di TWA Tanjung Keluang adalah jenis penyu bersisik. Konon, keberadaan penyu ini mulai langka dan terancam punah.

"Saat ini ada sekitar 400 an ekor tukik atau anak penyu yang siap rilis. Kami pun berharap kesadaran masyarakat pesisir agar dapat membantu menjaga kelangsungan kehidupan penyu," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru