Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Pulang Pisau Usul Penilaian Peduli HAM Bagi OPD

  • Oleh Asprianta
  • 03 Februari 2021 - 11:45 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau – Pemkab Pulang Pisau mengusulkan ke pusat untuk melakukan penilian bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait peduli Hak Asasi Manusia (HAM) pada tahun 2021.

Kabag Hukum Setda Pulpis, Uhing, Rabu, 3 Februari 2021 mengatakan, OPD peduli HAM ini merupakan program Pemerintah Daerah sesuai dengan arahan dan ketentuan yang mengatur terkait hal tersebut.

“Pemda dan OPD pun harus banyak hal yang dipersiapkan diantaranya sarana layanan public untuk penyandang cacat atau layanan disabilitas dan lain sebagainya,” kata Uhing.

Ia menjelaskan adapun yang perlu dipersiapkan seperti jalan jalan landai bagi disabilitas, Water Closet (WC) untuk disabilitas, sarana bermain anak dan ruangan menyusui.

Hal tersebut lah, sambungnya, salah satu layanan publik peduli HAM yang harus dipersiapkan Organisasi Perangkat daerah di Kabupaten Pulpis.

Ia membeberkan, Kabupaten Pulpis telah menerima sebanyak 6 kali penghargaan dari Kemenkumham sebagai Kabupaten peduli HAM.Oleh karena itu, pihaknya menginginkan seluruh OPD masuk peduli HAM dan mendapatkan penilian langsung dari pusat.

“Kita menunggu pihak pusat datang ke Pulpis untuk melakukan uji petik terhadap OPD pedli HAM yang telah kita usulkan pada tahun 2020 berdasarkan data-data OPD dan disampaikan ke Kemenkuham,” ucapnya.

Ia menjelaskan, Pulpis salah satu Kabupaten yang mengusulkan penilian OPD peduli HAM. Hal ini dikarenakan setiap tahun Kemenkumham menyampaikan formulir untuk diisi.

Serta juga, sambung dia, dicantumkan beberapa persyaratan yang harus dimiliki jika OPD ingin menjadi salah satu OPD peduli HAM.

"Kita berharap dari penilaian di tahun 2021 ini, akan ada OPD-OPD yang bisa mewakili Kabupaten Pulpis sebagai OPD Peduli HAM," tutupnya. (ang)

Berita Terbaru