Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Almarhum Sabran Achmad Dimakamkan Secara Militer

  • Oleh Hendri
  • 28 April 2021 - 21:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Mantan Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng Sabran Achmad dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan Sanaman Mantikei, Rabu 28 April 2021.

Rasa haru dan sedih terpancar pada pemakaman tokoh sesepuh itu. Terlibat beberapa tokoh dan kolega menghadiri pemakamannya.

Pemakaman dengan penghormatan tembakan salvo itu dipimpin Danrem 102 Panju Panjung Brigadir Jenderal TNI Purwo Sudaryanto.

Anak pertama Sabran Achmad, Budi Tangkasiang menyampaikan, bahwa sebelum meninggal dunia beliau memang bolak balik menjalani perawatan di rumah sakit.

“Jadi bolak balik beliau dirawat. Kalau sembuh dirawat di rumah, terus kalau sakit ke rumah sakit. Meninggal karena sakit tua, juga komplikasi ginjal dan jantung. Namun yang pasti memang sudah berumur,” ungkapnya.

Ia mengatakan, sosok almarhum merupakan panutan keluarga, tidak pernah marah, sangat menyayangi anak, cucu, keluarga bahkan masyarakat Kalimantan Tengah.

“Beliau sebagai panutan keluarga. Kami sangat kehilangan dan beliau merupakan salah satu pendiri Kalteng. Semoga beliau mendapatkan surga,” doanya.

Sementra itu, Danrem 102 Panju Panjung Brigadir Jenderal TNI Purwo Sudaryanto, berkabung atas meninggalnya almarhum, tokoh adat dayak, pejuang kemerdaan, pendiri kalteng. Beliau pergi dengan tenang, Selasa 27 April 2021 pukul 17.57 WIB.

“Dia ketua DAD Kalteng 2008 hingga 2016, sosok almarhum selalu mengedepankan dan mmengangkat menjaga harkat mertabat Kalteng dan Dayak. Tidak pernah membedakan golongan agama dan lainnya, konsentrasi untuk kemajuan Kalteng,” sebut perwira tinggi TNI tersebut.

Purwo menyampaikan, secara jujur dan hati bersih, bahwa almarhum begitu banyak jasa bagi masyarakat Kalteng, bangsa dan Negara. Maka itu kita semua wajib melanjutkan pengabdian beliau khususnya untuk kemajuan di Kalteng.

“Penghargaan tinggi atas dhrma bakti beliau selama hidup. Kita doakan ampunan dan khilafnya, amal ibadahnya diterima Allah taala. Keluarga diberikan ketabahan dan menerima kepergian almarhum dengan penuh keiklasan,” tuturnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru