Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Cabai Naik, Warga Palangka Raya Diajak Tanam Sendiri

  • Oleh Hendri
  • 23 Juni 2022 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Palangka Raya, Reja Framika mengajak warga menanam cabai di pekarangan rumah masing-masing. Dengan cara itu, warga bisa memenuhi kebutuhan cabai sehari-hari sekaligus sebagai solusi mensiasati tinggi harga cabai saat ini.

"Soal tingginya harga cabai ini faktor cuaca yang menyebabkan produksinya menurun. Sebagai solusi sementara warga bisa tanam sendiri menggunakan pot di rumah masing-masing," katanya, Kamis, 23 Juni 2022.

Menurutnya, menanam cabai menggunakan pot tidak butuh biaya yang besar. Bahkan jika dirawat dengan baik, tiga bulan sudah bisa dipanen. Solusi alternatif ini bisa menjadi pilihan warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Untuk sementara saran dari kami tanam sendiri saja. Kalau nanti ada solusi lain terkait pengendalian kan tergantung suplai dan permintaannya," ujarnya.

Dia menilai, pengendalian harga barang ini juga bergantung dari masyarakat. Jika masyarakat merasa harga yang ditawarkan terlalu tinggi, maka solusi jitunya adalah memproduksi sendiri.

"Ini sudah paling jitu, apalagi kalau persoalan cabai untuk menanamnya tidak memerlukan lahan yang luas, kecuali soal bawang karena harus ada lahan," ungkapnya.

Hingga kemarin, harga cabai di Kota Cantik masih relatif tinggi. Paling tinggi harga cabai rawit yakni Rp110 ribu/kg, cabai keriting, Rp75 ribu/kg dan Cabai hijau Rp45 ribu/kg. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru