Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PUG Wujudkan Kesetaraan Gender dalam Pembangunan

  • Oleh Riska Yulyana
  • 28 Juli 2022 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas, Yansiterson menjelaskan terkait peran kesetaraan gender dalam pembangunan khususnya di Kabupaten Gunung Mas. 

"Kesetaraan gender, pemberdayaan dan perlindungan perempuan menjadi faktor penting untuk memastikan keterlibatan perempuan secara bermakna di dalam pembangunan," ujar Yansiterson, Kamis, 28 Juli 2022.

Itu disampaikan saat membuka kegiatan Advokasi Kebijakan dan Pendampingan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG), termasuk Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) di GPU Damang Batu Kuala Kurun.

Menurutnya, kesetaraan gender dapat dicapai dengan mengurangi kesenjangan antara laki-laki dan perempuan dalam mengakses dan mengontrol sumber daya, berpartisipasi di seluruh proses pembangunan dan pengambilan keputusan, serta memperoleh manfaat dari pembangunan.

Yansiterson mengatakan, secara nasional, masih menghadapi tingginya kesenjangan gender dalam berbagai bidang serta belum efektifnya kelembagaan pengarusutamaan gender (PUG). Berdasarkan Gender Inequality Index (GII) pada 2021, Indonesia menempati peringkat 101 dari 156 Negara. 

Dia menambahkan, Pengarusutamaan Gender (PUG) merupakan strategi untuk mengintegrasikan perspektif gender ke dalam pembangunan, mulai dari penyusunan kebijakan, perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, serta pemantauan dan evaluasi.

"Pengarusutamaan Gender (PUG) bertujuan untuk mewujudkan kesetaraan gender, sehingga mampu menciptakan pembangunan yang lebih adil dan merata bagi seluruh penduduk Indonesia," tukasnya. (RISKA YULYANA/B-7) 

Berita Terbaru