Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlindungan Sosial Strategi Kebijakan Pemerintah Perangi Kemiskinan

  • Oleh Donny Damara
  • 08 September 2022 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setda Kalteng, Katma F Dirun mengatakan, perlindungan sosial merupakan strategi kebijakan pemerintah dalam rangka memerangi kemiskinan.

Hal ini disampaikan pada saat membuka Rapat Koordinasi Perlindungan Sosial Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis, 8 September 2022.

Menurutnya, kebijakan perlindungan sosial menjadi hal penting yang perlu diperhatikan untuk pemerataan hak jaminan kesehatan dan lainnya. Selain itu, juga untuk menjaga tingkat kesejahteraan dan meminimalisasi persoalan di masyarakat.

"Untuk itu, perlu adanya upaya-upaya terpadu dan terkoordinasi yang dilakukan oleh para pemangku kepentingan secara berjenjang dalam menunjang berbagai kebijakan dan program kerja pemerintah, terutama program perlindungan sosial bagi masyarakat," ucapnya.

Dia melanjutkan, perlindungan sosial salah satu elemen penting untuk mengurangi penderitaan yang dialami kelompok-kelompok lemah serta kurang beruntung.

"Oleh karena itu, saya minta supaya dapat serius untuk mengkoordinasikan perlindungan sosial dan menginventariskan apa yang wajib kita penuhi bagi masyarakat," ujarnya.

Dia menambahkan, berdasarkan UU Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial, perlindungan sosial yaitu semua upaya yang diarahkan untuk mencegah dan menangani risiko dari guncangan dan kerentanan sosial.

"Ini sudah menjadi keharusan dan amanat UUD 1945 yang tentunya kita implementasikan sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat terutama mereka yang tergolong kurang mampu," tuturnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru