Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harapan Bupati Saat Hadiri Raker DAD Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 27 Oktober 2022 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan Sakariyas menghadiri rapat kerja Dewan Adat Dayak atau DAD di Aula BPKAD, Rabu, 26 Oktober 2022.

Sakariyas mengatakan raker itu untuk menghasilkan keputusan yang mengakomodir semuanya. "Yang namanya DAD ini kan mengakomodir adat-adat Dayak, termasuk yang damang dan mantir," katanya.

Ia mengatakan jika Damang kepala adat tidak boleh jalan sendiri. Pasalnya SK Damang yang menerbitkan bupati termasuk mantir, mereka mendapatkan gaji dari APBD. 

"Kadang-kadang mereka (damang) urusannya di kabupaten lain ikut juga, tidak bolehlah sebab ada wilayahnya masing-masing, misal Damang Katingan Hilir, ya Katingan Hilir jangan ikut di kecamtan lain.

Sebelumnya saat menyampaikan sambutan, Ketua DAD Kabupaten Katingan Heriyadi P Samad menuturkan, keberadaan lembaga adat Dayak di Kabupaten Katingan merupakan kepanjangan tangan secara struktural lembaga adat Dayak di Provinsi Kalteng dalam upaya menjaga, memelihara, melestarikan dan memberdayakan keberadaan masyarakat adat Dayak beserta budaya dan hukum adatnya terlebih di era globalisasi dan digital saat ini.

"Untuk menyikapi perubahan yang begitu cepat, komplek dan terlalu bebas dan penuh ketidak pastian, maka kelembagaan adat Dayak di Kabupaten Katingan, DAD kabupaten, DAD kecamatan, damang, mantir dan Batamad  serta ormas Dayak lainnya haruslah bersinergi satu dengan yang lainnya," ujar Ketua DAD Kabupaten Katingan, Heriyadi P Samad. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru