Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beberapa Titik DAS Kahayan Mengalami Ablasi

  • Oleh Agus Fataroni Mustova
  • 16 Januari 2023 - 13:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya terus memantau kondisi ablasi yang terjadi di sepanjang DAS Kahayan. Dari hasil pantauan pihaknya ada beberpa titik yang mengalami ablasi.

Kepala BPBD Kota Palangka Raya Emi Abriyani mengatakan, memang ada beberpa titik yang mengalami ablasi seperti wilayah jalan Kalimantan, dan Pahandut Sebrang.

"Pemantauan terus kita lakukan untuk mengantisipasi terjadinya ablasi di permukiman, sekaligus memberikan imbauan kepada masyarakat," terangnya 16 Januari 2023.

Pasalnya, lanjut Emi, kondisi air sungai sendiri hingga saat ini masih dalam kondisi surut yang mengakibatkan tanah bantaran sungai menebing dan kering yang mengakibatkan ambrol.

"Sungai Kahayan sekarang dalam kondisi surut, hal itu yang menyebabkan tebih di pinggiran sungai mengering yang mengakibatkan sebagaian mulai runtuh dan mengerung," tukasnya.

Maka dari itu, Emi mengimbau masyarakat untuk waspada, khususnya yang memikiki rumah persis di pinggir bantaran sungai. 

"Kondisi sebagian tinggal menunggu ambrol, makanya masyarakat harus waspada, karena bisa saja yang di rasa masih kuat ternyata bisa ambrol kapan saja," pungkasnya. (AGUS/H)

Berita Terbaru