Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bedah Buku ke Tujuh Karya Kepala Disarpustaka Kapuas, Ini Harapannyb

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 02 Februari 2023 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas bersama Ikatan Pemuda Kapuas (IPK) telah menggelar talk show/bedah buku Memahami Makna dan Peran Budaya dalam Interaksi Sosial Masyarakat, bertempat di Aula Disarpustaka setempat.

Kepala Disarpustaka Kapuas, Suwarno Muriyat mengatakan, mengawali bedah bukunya yang ke tujuh ini terinspirasi dari ramainya pembahasan di media sosial, cetak dan elektronik pernyataan dari Edy Mulyadi yang dinilai mengandung ujaran kebencian, merendahkan budaya dan jati diri suku tertentu.

Dihadapan Kabid, Pustakawan, perutusan organisasi dan komunitas yang ada di Kabupaten Kapuas di antaranya BEM STAI Kuala Kapuas, STIE Kuala Kapuas, UCB Ilmu Hukum Kuala Kapuas, HMI, PMII, IMM, GMNI, IPNU, IPPNU dan Pencinta Alam Kapuas, ia berpesan dan mengharapkan agar lebih menghormati budaya, sehingga tidak mudah terjadi konflik.

“Buku dengan judul Memahami Makna dan Peran Budaya dalam Interaksi Sosial Masyarakat dan sub judul konsep dasar, pendekatan, problematika, dan implementasinya dalam pendidikan karakter terdiri atas 10 bab," kata Suwarno, Kamis, 2 Februari 2023.

Dia menuturkan, buku ini memaparkan hakikat dan seluk beluk budaya serta memandang budaya sebagai wacana, juga menyajikan perihal komunikasi lintas budaya dengan berbagai problematikanya.

Talk show yang berlangsung selama dua jam itu menjadi menarik perhatian para peserta, ditandai dengan gencarnya peserta bertanya jawab dan membedah buku yang ber ISBN 978-602-8704-88-5 terbitan Cakrawala Nusantara (Anggota IKAPI) tahun 2022.

Sebelumnya, Ketua Ikatan Pemuda Kapuas (IPK), Fadilah melaporkan jika dipilihnya buku ke tujuh karya Suwarno Muriyat ini dipandang relevan untuk dibedah sebagai bekal bagi para pemuda di Kapuas agar terhindar dari konflik.

“Kami sangat berterima kasih kepada Kadisarpustaka Kapuas bapak, Suwarno Muriyat yang juga penulis buku ini,” ucap Fadhilah. (DODI RIZKIANSAH/Y)

Berita Terbaru