Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Prioritas Pencegahan Karhutla Melalui Deteksi Dini Wilayah Rawan

  • Oleh Nopri
  • 17 Februari 2023 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran, meminta kabupaten dan kota agar memprioritaskan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) melalui deteksi dini di wilayah rawan.

"Dalam beberapa tahun terakhir ini, upaya mitigasi karhutla yang telah dilakukan sudah cukup baik. Munculnya titik api sudah dapat diminimalisir dengan baik. Lakukan upaya deteksi dini pada wilayah rawan," katanya, Jumat, 17 Februari 2023.

Ia meminta, agar pemerintah pusar memberikan dukungan terhadap upaya pencegahan karhutla di provinsi terluas pertama se-Indonesia tersebut. Pemerintah provinsi dan kabupaten kota telah memprioritaskan upaya pencegahan.

Ia juga telah menginstruksikan agar penyediaan infrastruktur monitoring dan pengawasan munculnya titik api di sejumlah daerah rawan, harus sampai level bawah dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

"Upaya mitigasi yang kita lakukan tak akan berguna jika tidak dibarengi dengan kesadaran masyarakat agar tidak membuka lahan dengan membakar. Upaya sosialisasi dan edukasi harus terus dilakukan secara berkesinambungan," tuturnya.

Selain itu, dirinya minta untuk kesiapan sarana dan prasarana peralatan Karhutla tersebut sudah harus distandbykan meskipun saat ini masih ada hujan dan segera menyalakan status siaga Karhutla. (NOPRI/H)

Berita Terbaru