Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dispar Kobar Terus Dorong Peningkatan Ekonomi Warga Melalui Desa Wisata

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 03 Juli 2023 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam meningkatkan pendapatan masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Dinas Pariwisata (Dispar) Kobar akan terus melakukan upaya untuk peningkatan ekonomi warga melalui sektor wisata. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kobar, Wahyudi pada Senin, 3 Juli 2023. "Termasuk dalam hal ini adalah mendorong berkembangnya desa-desa wisata. Di Kotawaringin Barat sendiri terdapat 16 desa wisata yang kita dorong untuk menjadi tempat-tempat wisata bagi masyarakat sekitar," ujarnya . 

Salah satu desa yang menjadi destinasi wisata di Kabupaten Kobar adalah Desa Pasir Panjang, memiliki Rumah Betang sebagai rumah tradisional suku dayak yang menjadi daya tarik pengunjung warga lokal hingga mancanegara. 

Desa lain yang menjadi tempat wisata yaitu Desa Kumpai Batu Atas, Desa Sungai Sekonyer, Desa Riam, Desa Keraya, Desa Pangkalan Dewa, Desa Pangkalan Tiga, Desa Arga Mulya, Desa Lalang dan masih banyak lagi. 

Begitu pula tempat wisata yang berkaitan dengan pantai seperti pantai Bogam Raya. Ia berharap, dengan adanya destinasi wisata tersebut dapat menjadi daya tarik bagi pecinta lautan untuk berkunjung. 

Tak hanya meningkatkan ekonomi warga saja, Dispar Kobar ke depannya akan berusaha menjaga fasilitas yang berada di tempat wisata khususnya di wilayah Kabupaten Kobar.

"Kita terus berusaha untuk meningkatkan, memelihara sarana prasarana fasilitas itu (tempat-tempat wisata) sesuai dengan kemampuan keuangan daerah," pungkas Wahyudi. (NURITA/Y)

Berita Terbaru