Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Maksimalkan Penggunaan Anggaran Untuk Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan

  • Oleh Donny Damara
  • 26 Juli 2023 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati meminta kepada pemda khususnya Provinsi Kalteng agar dapat lebih memaksimalkan penggunaan anggaran untuk kegiatan pembangunan.

Pasalnya, kata Kuwu dalam pertanggungjawaban APBD tahun 2022 penggunaan anggaran untuk kegiatan pembangunan masih tergolong belum maksimal, sehingga hal itu agar bisa menjadi perhatian.

"Ketika kita membahas terkait pertanggungjawaban APBD tahun 2022 sisa lebih pembiayaan anggaran tahun berkenaan atau SILPA, itu masih besar. Ini menggambarkan belum maksimalnya pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang dianggarkan," ucapnya, Rabu, 26 Juli 2023.

Kuwu mengungkapkan, besarnya SILPA APBD Kalteng tahun anggaran 2022 yaitu Rp900 miliar lebih dengan rincian SILPA berasal dari pendapatan sebesar Rp5,4 triliun lebih, realisasi belanja dibawah pagu Rp5,1 triliun lebih, realisasi penerimaan pembiayaan diatas pagu Rp800 miliar lebih, dan realisasi pengeluaran pembiayaan dibawah pagu sebesar Rp200 miliar lebih.

Sehingga, berdasarkan analisis tersebut diharapkan untuk penggunaan anggaran tahun-tahun berikutnya harus lebih dimaksimalkan, sebab penggunaan anggaran itu menjadi tolak ukur kinerja perangkat daerah.

"Kita juga minta tekait hak itu agar bisa dijadikan bahan evaluasi dan masukan untuk penyusunan RAPBD tahun anggaran berikutnya, dan yang paling penting lagi yaitu pengunaan anggaran harus benar-benar tepat sasaran serta untuk pembangunan," tutupnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru