Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TPA Siap Olah Limbah Jamban Komunal

  • 15 April 2016 - 19:43 WIB

MESKIPUN saat ini keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah masih belum berfungsi secara maksimal, namun kedepan secara bertahap pemerintah daerah Kabupaten Sukamara terus menambah fasilitas yang ada dan direncanakan di lokasi tersebut nantinya juga berfungsi sebagai tempat pembuangan akhir dan proses untuk limbah jamban komunal.

Menurut Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sukamara Iwan Miraza, keberadaan TPA nantinya tidak saja hanya sebagai tempat pembuangan akhir sampah dengan menumpuk begitu saja, namun dengan ber'bagai fasilitas yang disiapkan maka setiap sampah yang masuk akan diproses.

'Saat ini berbagai fasilitas untuk menjadikan TPA berfungsi sebagaimana masih dalam proses pembangunan sehingga kedepan sampah yang masuk tidak hanya sekedar ditumpuk tetapi akan diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti untuk pupuk dan lainnya,' kata Iwan Miraza, Jumat (15/4/2016).

Bahkan, menurut Iwan, ke depan dengan adanya pembangunan fasilitas pengolahan limbah rumah tangga dari jamban komunal maka limbah yang diambil dari rumah tangga atau dari jamban komunal akan langsung diolah sehingga menjadi gas dan sisa pembuangan tidak menjadi bahan yang mencemari lingkungan.

'Fasilitasnya sudah mulai disiapkan seperti jembatan naik untuk kendaraan pe'ngangkut yang nantinya langsung membuang sampah rumah tangga dari jamban komonal yang akan langsung diproses jadi sesuatu yang bermanfaat dan tidak menjadi bahan yang mencemari lingkungan.' (Fah/B-5)

Berita Terbaru