Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dampak Kemarau di Katingan Sebabkan Sejumlah Jasa Penyeberangan Berhenti Operasi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 24 Oktober 2023 - 19:25 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Dampak musim kemarau di Kabupaten Katingan selain menyebabkan kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla, juga berdampak kepada terhentinya sejumlah jasa penyeberangan sungai di wilayah itu.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan dan Perikanan Kabupaten Katingan, Roby, Selasa, 24 Oktober 2023, dampak musim kemarau menyebabkan sungai dangkal mulai dari wilayah hilir sampai bagian hulu atau Utara Katingan.

Menurur Roby, sejauh ini setidaknya sudah ada tiga titik penyebarangan di Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah yang terdampak kemarau tersebut.

"Sampai hari ini  baru satu jasa fery penyeberangan yang bisa operasional di Tumbang Samba itu karena Sungai Katingan di wilayah dangkal," ujarnya Roby.

Dari informasi pihaknya, kata dia bahwa daerah aliran sungai atau DAS Katingan di wilayah tersebut sudah sekitar sebulan lamanya dangkal.

Sehingga musim kemarau ini sangat berdampak terhadap transportasi sungai khususnya untuk penyeberangan, namun di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah itu masih ada alternatif warga yang ingin menyeberang sungai, karena ada Jembatan Tumbang Samba.

Sementara puluhan penyeberangan lain yang tersebar di sepanjang Sungai Katingani masih dapat operasi namun pemilik atau pengelola fery penyeberangan harus menambah lantai titian hingga tepi air sungai.

"Sampai sekarang masih belum ada peningkatan debit air Sungai Katingan itu meski di beberapa tempat telah terjadi hujan," tambah Kepala Dinas Perhubungan dan Perikanan Kabupaten Katingan, Roby. (ABDUL GOFUR/j)

Berita Terbaru