Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bank Indonesia Kalteng Dorong Penggunaan Uang Digital

  • Oleh Testi Priscilla
  • 14 Februari 2024 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah mendorong penggunaan uang digital di seluruh wilayah di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" ini.

"Berdasarkan data historis sepanjang beberapa tahun terakhir, kebutuhan uang kartal sebenarnya relatif stabil, karena di samping uang kartal, BI juga mendorong penggunaan transaksi non tunai atau digital," kata Kepala Perwakilan BI Kalteng, Taufik Saleh pada Temu Media Bank Indonesia Kilas Balik Perekonomian Kalteng 2023 dan Outlook 2024 pada Selasa, 13 Februari 2024.

Kedepan, lanjut Taufik, dengan semakin majunya penggunaan uang non tunai baik melalui QRIS maupun transaksi digital lainnya sebenarnya kebutuhan uang kartal masyarakat akan cenderung berkurang.

"Tapi tahun ini masih relatif stabil peningkatannya hanya sekitar 7-10 persen karena ada momentum-momentum yang khusus terjadi di tahun 2024," jelas Taufik.

Tetapi perkembangan alamiahnya kedepan menurut Taufik akan semakin berkurang penggunaan uang tunainya dan meningkat penggunaan uang non tunai.

"Memang situasi pesta demokrasi mendorong aktivitas peningkatan kebutuhan uang kartal dan mendorong transaksi masyarakat. Tentu ekonomi yang bergerak ini membutuhkan uang tunai sehingga memang ada peningkatan kebutuhan uang tunai tetapi tidak sepenuhnya itu semua karena tahun politik ya," bebernya lagi.

Ada pula peningkatan kebutuhan uang tunai yang dikarenakan kinerja ekonomi yang mengalami peningkatan, kinerja perdagangan, juga pertumbuhan kredit yang di atas 9 persen.

"Itu semua membuat penggunaan uang tunai dicairkan dari perbankkan dan bank mengambil ke Bank Indonesia," katanya. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru