Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komunitas Kreatif Jari Janang Ikut Jualan di Pasar Ramadan Pemkab Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 Maret 2024 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Komunitas ibu-ibu pelaku UMKM di Kecamatan Dusun Timur yang menamakan dirinya Komunitas Kreatif Jari Janang atau KKJJ, turut ambil bagian berjualan pada Pasar Ramadan yang diadakan oleh Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (DisdagkopUKM) Barito Timur di pelataran parkir Pasar Tamiang Layang.

Komunitas beranggotakan 29 pelaku UMKM ini diwakili oleh beberapa anggota menjual berbagai jenis makanan dan minuman untuk masyarakat yang akan berbuka puasa maupun masyarakat umum.

Ketua KKJJ Yeryana menuturkan, makanan dan minuman hasil olahan komunitas yang dipimpinnya berupa bolu, bakpao, bingka, roti, trombolo, resoles, pempek, jasuke, berbagai macam es serta camilan kering seperti keripik pisang, keripik ikan seluang, rengginang, peyek, kripik tempe dan stik keju.

"Kemudian juga berbagai jenis sayuran matang dan lauk seperti rica-rica, rendang ayam dan ikan asam manis, bacem dan lain-lain," ungkapnya, Sabtu, 16 Maret 2024.

Yeryana mengaku sejak hari pertama makanan dan minuman yang dijajakan KKJJ selalu laris terjual. Kalau pun ada yang tersisa jumlahnya tidak banyak sehingga dapat dibawa pulang untuk konsumsi keluarga.

Karena itu dia menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga pelaku UMKM di Kecamatan Dusun Timur khususnya KKJJ dapat tetap survive, bahkan meningkatkan penghasilan pada bulan Ramadan ini.

"Terima kasih kepada Pemkab Barito Timur melalui DisdagkopUKM dan UPT Pasar Tamiang Layang yang telah memfasilitasi Pasar Ramadan ini sehingga kami dari KKJJ bisa berjualan. Terima kasih kepada seluruh masyarakat Barito Timur yang mempercayakan menu berbuka puasa kepada KKJJ," kata Yeryana.

Sejak 12 Maret 2024, Pemkab Barito Timur melalui DisdagkopUKM, UPT Pasar Tamiang Layang dan UPT Pasar Ampah membuka Pasar Ramadan pada dua lokasi, yaitu di pelataran parkir Pasar Tamiang Layang dan Pasar Ampah.

"Setelah pandemi covid-19 baru sekarang diadakan lagi pasar Ramadan, dan ini memang dari mereka pihak pedagang yang meminta agar tahun ini diadakan Pasar Ramadan seperti sebelum pandemi covid-19," ungkap Kabid Perdagangan DisdagkopUKM Barito Timur Wachid Sarbani, terkait pembukaan Pasar Ramadan tersebut.

Menyikapi permintaan pedagang tersebut DisdagkopUKM bersama UPT Pasar Tamiang Layang dan Ampah kemudian menyediakan lapak untuk pasar Ramadan.

"Untuk Tamiang Layang kebetulan kita punya tenda UMKM jadi itu yang digunakan untuk lapak, sedangkan di Pasar Ampah dibuatkan lapak sederhana. Pasar Ramadan ini rencananya akan dibuka oleh PJ Bupati Barito Timur nanti," jelas Wachid.

Sementara itu, Kepala DisdagkopUKM Barito Timur Berson mengatakan, Pasar Ramadan diadakan untuk memeriahkan bulan Ramadan sekaligus membuka peluang bagi pelaku UMKM untuk berjualan melayani kebutuhan masyarakat yang akan berbuka puasa.

Dia berharap, masyarakat Barito Timur terutama yang berada di Kota Tamiang Layang dan Kota Ampah untuk mendukung kegiatan tersebut dengan mengunjungi dan membeli makanan serta minuman di Pasar Ramadan.

"Semoga ini dapat menggerakkan ekonomi kerakyatan khususnya bagi perajin dan pedagang olahan makanan dan minuman sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berbuka puasa pada bulan Ramadan 1445 hijriah," kata Berson (BOLE MALO/Y)

Berita Terbaru