Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Longsor di RT 04 Desa Bamban Barito Timur Mulai Gerus Badan Jalan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 10 April 2024 - 11:51 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Tanah longsor di RT 04 Desa Bamban Kecamatan Benua Lima Kabupaten Barito Timur mulai menggerus badan jalan provinsi yang melintasi desa itu. Saat ini batas longsor tepat berada di bibir aspal jalan.

Sekretaris Desa Bamban Eleknita mengatakan, peningkatan longsor diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi. Sedangkan kawasan itu mulai terjadi longsor sejak Februari 2024.

"Ini (longsor) mulai mendekati aspal karena hujan kemarin malam," jelasnya singkat, Rabu, 10 April 2024.

Selain di RT 04 juga terdapat longsoran lain di RT 05 sehingga total panjang bentangan tanah longsor sekitar 300 meter.

"Kalau di RT 05 ini sudah dari 2017 dan ada tiga rumah warga yang terdampak yaitu rumah milik Ibu Lanju, Bapak Nevolian dan Bapak Sudarman," paparnya.

Longsoran itu juga mengancam 14 rumah lainnya di kawasan itu termasuk bangunan Gereja Bethel Indonesia dan bangunan sekolah taman kanak-kanak.

Sebelumnya, untuk mengatasi longsor di RT 05, Pemdes Bamban telah mendapatkan bantuan bibit tanaman keras dari dari Dinas Lingkungan Hidup Barito Timur yang bersumber dari CSR Adaro.

"Kami sudah melaksanakan gotong royong menanam bibit di area longsoran sepanjang 300, sekarang yang meluas yang di tepi jalan raya RT 04 ini," kata Eleknita. (BOLE MALO/R)


TAGS:

Berita Terbaru