Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mudik Gratis Dinilai Program yang Mampu Menurunkan Angka Kecelakaan

  • Oleh Donny Damara
  • 18 April 2024 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Kalteng, Wiyatno menilai mudik gratis merupakan program pemerintah yang mampu menurunkan angka kecelakaan selama mudik lebaran tahun 2024 ini.

"Selain upaya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak kepolisian, Dishub maupun Jasa Marga, program mudik gratis ini salah satu yang mampu menekan angka kecelakaan," kata Wiyatno, Kamis, 18 April 2024.

Wiyatno menuturkan, program mudik gratis dari pemerintah sepatutnya diapresiasi, sebab antusiasme masyarakat cukup tinggi khususnya di Kalteng mengikuti program mudik gratis yang diadakan beberapa waktu lalu.

"Jadi masyarakat ketika mudik tidak harus menggunakan kendaraan pribadi, tapi menggunakan bus dan itu tentu dapat mengurangi kemacetan dan juga angka kecelakaan di jalan," ucapnya.

Selain itu, Wiyatno menjelaskan pada saat mudik menggunakan bus sebelumnya armada telah dilakukan pemeriksaan kelayakan dan juga para sopir diperiksa terlebih dahulu kesehatan maupun dites urine.


"Pemeriksaan baik armada dan sopir itu penting agar semua layak jalan baik aramada maupun sopirnya sehat dan tidak menggunakan narkotika, ini tentu untuk meyakinkan masyarakat bahwa semua aman," ujarnya.

Wiyatno berharap, program mudik gratis dari pemerintah itu bisa terus dicanangkan setiap tahunnya ketika menyambut hari raya Idul Fitri, sebab hal ini sangat penting salah satunta untuk menekan angka kecelakaan.

"Kalau bisa dari segi kuota ditambah setiap tahunnya agar masyarakat bisa berpartisipasi dalam program tersebut, dan itu juga sebagai upaya promosi agar mudik menggunakan kendaraan umum," tutupnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru