Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TPHP Kalteng Anggarkan Rp200 Miliar Lebih untuk Meningkatkan Tanaman Sayuran

  • Oleh Marini
  • 20 April 2024 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Untuk meningkatkan produksi pangan seperti sayuran Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah (TPHP Kalteng) pada 2024 ini menganggarkan Rp214 miliar lebih.

Besar anggaran itu untuk penunjang urusan Pemerintahan Daerah (Pemda), seperti Program Penyediaan dan Pengembangan Sarana Pertanian, Program Penyediaan dan Pengembangan Prasarana Pertanian, Program Pengendalian Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Program Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian, serta Program Penyuluhan Pertanian.

"Dengan total anggaran Rp.214.108.787.317. Untuk kegiatan prioritas sumber dana APBD Provinsi Tahun Anggaran 2024 ada pada Bidang Tanaman Pangan, contohnya pembangunan Rice to Plant (RTP) dan Rice to Rice (RTR)," kata Kepala TPHP Kalteng Sunarti, Sabtu, 20 April 2024.

Untuk Bidang Tanaman Hortikultura contohnya pengembangan kampung sayuran. Lalu, Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan contohnya pembangunan pabrik pakan tahap II, dan Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian contohnya pembangunan/rehab jaringan irigasi tersier.

Dirinya juga mencontohkan, yang dimaksud kampung sayur adalah konsep inovasi mengenai kawasan lingkungan penduduk perkotaan maupun kabupaten atau desa berbasis mengusahakan pekarangan nya secara intensif dan memanfaatkannya sebagai sumber pangan melalui penanaman aneka sayuran.

"Dengan mempertimbangkan potensi dan kebutuhan masyarakat setempat, untuk meningkatkan konsumsi pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) melalui pemanfaatan pekarangan rumah dan kampung secara optimal," bebernya.

Apabila kebutuhan pangan seperti sayuran terpenuhi maka tidak terjadi kelangkaan maupun kenaikan harga. Permintaan pasar selalu terpenuhi dan masyarakat mendapatkan dengan mudah serta harga terjangkau. (MARINI/j)

Berita Terbaru