Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

FBIM 2024 Upaya Pertahankan Tradisi Kebudayaan Kalteng

  • Oleh Marini
  • 21 April 2024 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2024 menjadi sarana untuk mempertahankan dan mengoptimalkan promosi pesona kebudayaan, serta pariwisata yang ada di daerah kepada masyarakat secara luas bahkan mancanegara.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng mensukseskan Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 ini, menjadi sarana strategis dalam rangka menjaga dan melestarikan nilai-nilai seni, tradisi, dan keunikan budaya di Kalteng.

"Kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI)," ungkap Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, Minggu, 21 April 2024.

Kalteng memiliki berbagai budaya dan tradisi yang harus dipertahankan mulai dari mengenta parei, membesei, kesenian bela diri, dan masih banyak lagi yang harus dilestarikan.

"Dalam kehidupan bermasyarakat di Kalimantan Tengah, keberagaman merupakan sesuatu yang telah menjadi kebiasaan. Falsafah Huma Betang sebagai warisan nenek moyang merupakan simbol kehidupan dan kerukunan warga Kalimantan Tengah yang senantiasa dijunjung tinggi dalam setiap aktivitas keseharian," ungkapnya.

Salah satu tradisi leluhur suku Dayak yang patut dilestarikan di Kalteng yaitu mangenta, yang merupakan suatu kegiatan kaum petani bersyukur atas dimulainya panen padi, pada saat musim tiba untuk menuai.

"Ini memiliki tradisi untuk menyambut masa panen padi, sebagaimana kita ketahui bahwa Kalimantan Tengah ini kaya akan alam dan tanahnya subur, tradisi seperti ini patut dilestarikan jangan sampai tenggelam oleh perkembangan jaman," tandasnya. (MARINI/H)

Berita Terbaru