Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Pemda Dukung Usaha Perikanan Masyarakat di Perdesaan

  • Oleh Donny Damara
  • 23 April 2024 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Natalia meminta pemda baik provinsi, kabupaten dan kota melalui instansi terkait supaya dapat mendukung usaha perikanan masyarakat di perdesaan.

Natalia mengatakan, sektor perikanan memiliki potensi ekonomi yang cukup menjanjikan dan siginifikan, terutama di wilayah perdesaan terlebih itu yang berada dipinggiran pesisir daerah aliran sungai (DAS).

"Oleh karenanya pemda perlu memberikan dukungan misalnya pelatihan, permodalan, dan fasilitas lainnya yang diperlukan untuk mendorong pertumbuhan usaha perikanan," katanya, Senin, 22 April 2024.

Selain itu, Natalia menekankan pentingnya peningkatan kualitas dan ketersediaan infrastruktur perikanan, seperti tempat pelelangan ikan, fasilitas penunjang budidaya dan pasca panen, serta akses pasar luas.

"Infrastruktur perikanan ini juga penting menjadi perhatian, karena dengan infrastruktur yang memadai maka sektor perikanan akan dapat menjadi salah satu ujung tombak ekonomi masyarakat," ucapnya.


Natalia mengungkapkan bahwa, terkait dukungan terhadap usaha perikanan masuarakat di perdesaan ini menjadi salah satu aspirasi yang kerap disampaikan, sehingga diharapkan bisa direalisasi.

"Contohnya di sejumlah desa yang ada di wilayah Kabupaten Gunung Mas, ketika kita reses masyarakat disana mengaharapkan bantuan pemda untuk memgembangkan usaha perikanan mereka," ungkapnya.

Natalia berharap, dengan adanya dukungan pemda usaha perikanan masyarakat di perdesaan dapat berkembang dan berkontribusi secara signifikan dalam memajukan ekonomi lokal.

"Tidak hanya itu, apabila usaha tersebut berkembang signifikan maka akan dapat menciptakan lapangan pekerjaan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat budidaya ikan," tandasnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru