Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Imbau Para Orang Tua Kontrol Penggunaan Teknologi Pada Anak

  • Oleh Donny Damara
  • 23 April 2024 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mengimbau kepada para orang tua supaya dapat mengontrol penggunaan teknologi pada anak-anak terutama yakni smart phone atau gadget.

Menurutnya, peran orang tua mengontrol aktivitas anak-anak dalam mengakses teknologi sangat penting, terutama yakni bermain game yang dapat memberikan dampak buruk terhadap hal positif seperti belajar.

"Bermain game ini, apabila aktivitas itu dilakukan berlebihan maka akan dapat memberikan dampak buruk bagi anak, misalnya lupa belajar dan melakukan hal positif lainnya," katanya, Selasa, 23 April 2024.

Duwel mengakui, ketika abak kecanduan bermain game maka akan sulit bagi orang tua mengentikan kebiasaan anak tersebut, maka penting bagi orang tua melakukannya secara bertahap dengan membatasi pengunaan gadget.

"Waktunya bisa diatur misal boleh bermain game tapi utamakan terlebih dahulu belajar, dan dalam penggunaanya juga harus dibatasi waktunya yakni contohnya hanya bermains selama 30 menit atau 1 jam," ucapnya.

Ketegasan orang tua dalam mengontrol kebiasaan anak ini sangat penting, sebab apabila terus dibiarkan maka kecanduan bisa menimbulkan dampak buruk tidak hanya pendidikan tapi juga dari segi kesehatan.

"Pada dasarnya teknologi ini juga ada dampak positifnya jika digunakan dengan bijak, namun bagi anak-anak itu yang mereka ketahui hanya untuk main game, jadi harus benar-benar dikontrol," jelasnya.

Selain itu, para orang tua juga harus dapat meningkatkan kedisiplinan dengan membentuk karakter anak supaya dapat melakukan hal-hal positif utamanya dalam penggunaan teknologi tidak hanya untuk bermain game.

"Berikan edukasi bahwa teknologi atau gadget juga bisa digunakan untuk media belajar tidak hanya untuk bermain game, ketegasan disini diperlukan guna mendisiplinkan dan membentuk karakter anak," pungkasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru