Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DJPb Berikan Tiga Rekomendasi Tingkatkan Capaian Serapan APBD Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 30 April 2024 - 08:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) memberikan tiga rekomendasi untuk mempercepat capaian serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Data menunjukan rasio belanja daerah terhadap pendapatan daerah Kalteng sebesar 35,5 persen dengan realisasi Belanja Barang Jasa 4,1 persen, Belanja Modal 1,8 persen, dan Belanja Tidak Terduga masih 0,0 persen.

“Hal ini menggambarkan masih rendahnya penyerapan belanja APBD di wilayah Kalimantan Tengah,” tutur Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalteng, Wawan Juswanto dalam keterangan persnya, Senin, 29 April 2024.

Wawan menyampaikan rekomendasi pertama adalah melakukan akselerasi percepatan pelaksanaan kegiatan di triwulan pertama dan kedua tahun 2024 untuk menghindari penumpukan realisasi belanja di akhir tahun anggaran.

Kemudian menyelesaikan seluruh pertanggungjawaban kegiatan TA 2023 mengingat dokumen tersebut menjadi syarat penyaluran sejumlah Transfer ke Daerah (TKD).

Khususnya Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa di awal tahun anggaran 2024, termasuk sampai dengan 31 Maret 2024 Dana DAK Fisik masih belum tersalurkan.

Terakhir Kalteng perlu memproyeksikan penggunaan SiLPA TA 2023 dan segera merealisasikan kegiatan di awal TA 2024. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru