Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Barsel Imbau SKPD Jangan Terjadi Penumpukan Anggaran

  • Oleh H Laily Mansyur
  • 01 Agustus 2016 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Pemkab Barsel) diminta menggunakan anggaran secara efektif dan efisien. Hal itu bertujuan untuk menghindari penumpukan anggaran di akhir tahun.

'Jika terjadinya penumpukan anggaran, tentu  pelaporan keuangan daerah akan menjadi masalah. Demikian pula halnya dengan  penyerapan ekonomi akan jadi tidak optimal,' kata Sekda Barsel, H Edi Kristianto kepada PPost akhir pekan lalu.

Edi mengatakan, jika lonjakan realisasi penyerapan anggaran di akhir itu tidak sehat, tentu akan berdampak negatif. 'Saya tidak menginginkan adanya  penyerapan anggaran yang rendah diawal tahun dan menumpuk di akhir tahun. Karena itu akan menjadi kebiasaan seperti tahun-tahun sebelumnya,' terangnya.

Dalam DIPA, kata dia,  termuat nilai nominal belanja SKPD hingga tujuan yang ingin dicapai, dalam pelayanan kepada masyarakat. Mantan Kepala Bappeda Barsel itu juga menegaskan, DIPA yang diterima dapat menjadi acuan program kerja, baik di tahun 2016 maupun tahun selanjutnya.

'Oleh sebab itu diharapkan, agar  pihak teknis dapat memanfaatkan anggaran secara efektif dan efisien sesuai rencana dan prioritas program yang telah ditetapkan,'pintanya.

Ia juga mengimbau, kepada semua  pengelola keuangan, agar  terus meningkatkan kompetensi dan tanggung jawabnya, untuk  terciptanya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaanya. 'Pastinya SKPD dan Satuan Kerja Instansi vertikal Pusat yang ada di daerah, harus membangun sinergitas dan mencurahkan segala daya upaya.' (H. LAILY MANSYUR/N).

Berita Terbaru