Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BK DPRD Kotawaringin Timur Ingatkan Anggota Agar Jaga Disiplin

  • Oleh M. Rifqi
  • 26 Agustus 2016 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Kotim - Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kotawaringin Timur, Salasiah mengingatkan seluruh anggota dewan agar memperhatikan kehadiran pada agenda rapat-rapat paripurna. Apalagi saat pembahasan anggaran, anggota dewan harus bisa menyesuaikan jadwal.

'Kami akan berkoordinasi dengan pimpinan dewan dan ketua-ketua fraksi untuk mengingatkan kedisiplinan para anggota DPRD dalam rapat paripurna,' kata Salasiah, Jumat (26/8/2016).

Menurut Salasiah, kegiatan-kegiatan rapat paripurna sudah terjadwal oleh Badan Musyawarah (Banmus) DPRD. Sehingga seharusnya anggota dewan jauh-jauh hari sudah mengetahui pelaksanaannya dan bisa hadir dalam forum tersebut. Sebab, kehadiran fisik anggota dewan dalam paripurna itu penting.

'Jangan hanya menyebutkan mereka bertandatangan, karena yang dibutuhkan adalah orangnya. Karena itulah salah satu tugas anggota dewan,' tegasnya.

Politisi PPP itupun meminta pimpinan DPRD dan pimpinan fraksi juga memperhatikan hal tersebut. Sebab, minimnya kehadiran anggota dewan dalam rapat paripurna dianggap menciderai aturan yang ada di lembaga terhormat tersebut, serta menjadi sorotan publik.

'Kalau anggota DPRD tidak hadir, akan membuat kita kena tudingan dan justifikasi masyarakat sebagai dewan yang malas,' cetus dia.

Sebagai bentuk kontrol BK, pihaknya berencana membuat absen anggota perfraksi. Sehingga akan terlihat persentase kehadiran anggota pada absensi yang telah disiapkan.

'Jadi, ketahuan siapa yang rajin dan siapa yang tidak, nanti tercatat dalam setiap absensi rapat paripurna,' ucap Salasiah.

Langkah itu dilakukan sebagai bentuk rangsangan kepada anggota legislatif untuk lebih aktif dalam melakukan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat. (M. RIFQI/N).

Berita Terbaru