Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Target Kalteng Bebas Kaki Gajah

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 03 Oktober 2016 - 18:15 WIB

BORNEONEWS, Gunung Mas - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran mengapresiasi pemerintah pusat yang mempercayakan Kalteng sebagai tuan rumah puncak peringatan nasional Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga) di Gunung Mas. Khususnya kedatangan Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek yang datang langsung membuka resmi pencanangan di depan seribu siswa dan orang tua siswa, Senin (3/10/2016.

'Kita ucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Kalteng sebagai tuan rumah peringatan nasional ini. Mudah-mudahan tahun depan sudah terbebas, meski sasarannya adalah pada 2020 sudah bebas dari penyakit itu. Apalagi salah satu kita yaitu Kotawaringin Barat (Kobar) kan sudah menjadi contoh kabupaten sudah bebas dari kaki gajah,' tandas gubernur.

Ditanya soal perhatian pemerintah provinsi (Pemprov) Kalteng, Gubernur Sugianto mengatakan tidak hanya Gunung Mas saja melainkan bakal memperhatikan semua daerah yang menjadi endemik penyakit tertentu. Sebab visi gubernur adalah menekankan pentingnya meningkatkan derajat kesehatan di semua daerah.

'Anak-anak harus sehat. Masyarakat harus sejahtera, gubernur wajib untuk bekerja keras menuju kesana, yang dibutuhkan adalah bagaimana penguatan ekonomi agar masyarakat bisa berobat dengan nyaman,' katanya.

'Tidak hanya Gunung Mas, tetapi Pemprov juga membantu kepada kabupaten lainnya. Jadi secara menyeluruh harus terperhatikan. Mohon kepada menteri untuk bisa membantu peningkatan fasilitas yang tersedia,' lanjutnya.

Kedatangan Menteri Nila, selain membuka resmi pencanangan, juga mengunjungi RSUD Kuala Kurun dan salah satu Puskesmas, sebelum akhirnya bertolak kembali ke Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya. Namun sebelum terbang kembali ke Jakarta, Nila sempatkan diri menengok RSUD Pratama tipe D milik Pemkot Palangka Raya di Kalampangan, yang saat ini sedang proses pembangunan.

Sementara terkait kenapa Gunung Mas ditunjuk menjadi lokasi pencanangan, Menteri Nila mengatakan daerah ini endemis dan belum tereleminir. 'Karena (Gumas) salah satu belum tereleminasi. Di Kalteng ini, baru Kotawaringin Barat saja yang sudah,' Kata Menkes. (ROZIKIN/m)

Berita Terbaru