Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Kotawaringin Barat Kekurangan Blangko, 16.000 KTP Belum Dicetak

  • 13 Oktober 2016 - 22:05 WIB

BORNENEWS, Pangkalan Bun - Setiap hari warga di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terus berdatangan untuk merekam pembuatan KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Banyaknya warga yang melakukan perekaman tidak seimbang dengan ketersediaan blangko. Akibatnya, ada 16 ribu KTP belum bisa dicetak dannterpaksa harus menunggu kiriman dari pemerintah pusat.

Sekretaris Diadukcapil Kobar Ranti Sitorus mengatakan, beberapa hari terakhir pihaknya kedatangan seratusan warga yang melakukan perekaman KTP setiap harinya.

Saat banyak masyarakat banyak melakukan perekaman justru kendala datang untuk mencetak KTP. Sejak September 2016, blangko KTP sudah habis. Sehingga harus menunggu dari pusat karena blangko bukan diadakan dari pemkab melainkan dari Kemendagri pusat.

"Sampai saat ini sudah ada 16.625 orang yang sudah merekam, tetapi belum dicetak KTP-nya," katanya.

Meski belum mengetahui kapan balangko tersebut dikirim, pihaknya terus melakukan perekaman. Bagi warga yang sudah melakukan perekaman, namun belum endapatkan KTP, diberi surat keterangan pengganti KTP.

"Surat itu berlaku sementara, sampai bisa dilakukan pencetakan," ujarnya.

Sesuai edaran Kemendagri juga disebutkan bahwa surat keterangan sebagai pengganti KTP itu sah dan juga bisa dipergunakan untuk menikah, mengurus BPJS dan juga untuk keperluan pilkades, pilkada dan semua keperluan lain.

"Setiap surat berlaku sampai enam bulan ke depan," tandasnya. (FAHRUDDIN/m)

Berita Terbaru