Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ignatius Jonan dan Arcandra Tahar Kembali Masuk Kabinet Kerja

  • Oleh Budi Baskoro
  • 14 Oktober 2016 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Ignatius Jonan dan Arcandra Tahar kembali masuk Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo-Wapres Jusuf Kalla. Presiden melantik Ignatius Jonan sebagai Menteri ESDM, dan Arcanda Tahar sebagai Wakil Menteri ESDM, di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat (14/10/2016). 

Pelantikan Jonan dan Arcandra berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 114/P/2016 dan 115/P/2016 tentang pengangkatan Menteri ESDM beserta Wakil Menteri ESDM dalam Kabinet Kerja periode sisa masa jabatan 2014-2019.

Pengambilan sumpah jabatan didampingi oleh rohaniawan. Presiden Jokowi membacakan isi dari sumpah jabatan yang diikuti oleh Jonan sebagai Menteri ESDM dan Arcandra sebagai Wamen ESDM.

"Bersediakah Saudara diambil sumpah janji menurut agama masing-masing" tanya Jokowi.

"Bersedia," jawab Jonan dan Arcandara. Keduanya lalu membaca sumpah janji dipandu Presiden Jokowi.

Pelantikan yang berlangsung pukul 13.30 WIB ini, mengakhiri segala spekulasi tentang Arcandra Tahar, yang dua bulan lalu dicopot dari kursi Menteri ESDM setelah menjabat selama 22 hari, menggantikan Sudirman Said. Posisi Menteri ESDM yang ditinggal Arcandara sementara dipegang Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Entah bagaimana, Arcandra diisukan bakal kembali menjabat Menteri ESDM setelah masalah dwikewarganegaraannya dinyatakan beres oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Tetapi, segala spekulasi itu tidak terbukti, seiring dengan ramainya pembahasan mengenai layak-tidaknya Arcandra Tahar kembali ke posisi Menteri ESDM.

Di luar prediksi banyak orang, Presiden Jokowi menempatkan Arcandra sebagai Wamen ESDM, mendampingi Menteri ESDM Ignatius Jonan, yang sekitar dua bulan lalu dicopot dari kursi Menteri Perhubungan. 

Kembalinya Jonan, mantan Dirut PT Kereta Api ke dalam Kabinet Kerja juga di luar dugaan. Kepada pers, ia mengaku baru dihubungi 2 jam sebelum pelantikan sebagai Menteri ESDM.

Selamat bekerja Jonan dan Arcandra. (NAZIR AMIN/*/N).

Berita Terbaru