Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelindo III Sampit: Terminal Pelabuhan Moderen Dibangun 2017

  • Oleh Rafiuddin
  • 01 November 2016 - 15:13 WIB

BORNEONEWS, Sampit - General Manager PT Pelindo III Cabang Sampit, Agus Dwi Wahyono mengungkapkan, bahwa rencana pembangunan terminal pelabuhan modern berfasilitas perhotelan akan direlisasikan pada 2017 mendatang.

'Tahun 2017 terminal modern akan dibangun. Terminal modern ini dilengkapi hotel, supermarket dan lainnya. Layaknya terminal bandara sehingga orang merasa nyaman,' kata Agus Dwi Wahyono di sela menjalankan program BUMN mengajar di SMA Negeri 1 Sampit, Senin (31/10/2016).

Upaya pengembangan atau modernisasi Pelabuhan Sampit ini kata Agus, adalah sebagai bentuk dukungan PT Pelindo III mendukung program pemerintah daerah menjadikan Sampit sebagai daerah tujuan wisata.

Dia berharap pembenahan terminal penumpang bisa bersinergi dengan program pariwisata daerah sehingga sama-sama mendapat manfaat. Sangat disayangkan jika kawasan strategis itu tidak dioptimalkan. Sehingga pelabuhan itu juga akan menjadi salah satu ikon wisata di kota yang berjuluk Kota Mentaya itu.

Untuk pembenahan terminal penumpang itu, Pelindo III akan menggunakan dana mereka dan dibantu pinjaman dari bank. Dia meyakinkan pendanaan tidak ada masalah. Kini yang dibutuhkan adalah perizinan dan kerjasama yang baik dengan semua pihak.

'Saat ini dalam proses tender, dan sudah ada beberapa perusahaan kontraktor yang mengajukan,' kata Agus Dwi Wahyono.

Pelindo III juga sepakat terminal Sampit difokuskan untuk kapal penumpang. Sedangkan bongkar muat petikemas seluruhnya dipindah ke terminal atau dermaga Bagendang. Ini juga untuk mengantisipasi terus meningkatnya jumlah penumpang kapal.

Saat ini jumlah penumpang di terminal Sampit, Pelabuhan Sampit mencapai 60.000 orang per tahun. Jika selesai dibenahi nanti, kapasitasnya bisa menampung 1.500 orang. Bangunannya juga akan dibuat lebih nyaman meski belum semegah terminal penumpang pelabuhan di Semarang dan Surabaya. (RAFIUDIN/m)

Berita Terbaru