Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelantikan Kades Hasil Pilkades 2016 Masih Tunggu Petunjuk Plt Bupati

  • Oleh Raden Aryo Wicaksono
  • 14 November 2016 - 06:45 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Belum jelas kapan pelantikan para kepala desa (kades) hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), 7 September 2016  akan berlangsung. Meski memiliki wewenang melantik kades, Plt Bupati Kobar Nurul Edy sampai saat ini belum juga memberi petunjuk kepastian waktu pelantikan 35 kades itu.

Kepala Sub Bagian Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Tata Administrasi Pemerintah, Sekretariat Daerah (Setda) Kotawaringin Barat Antonius Heri mengatakan, 35 kades pemenang Pilkades Serentak Kobar 2016 nantinya akan dilantik oleh Plt Bupati Kobar Nurul Edy. Namun, hingga Minggu (13/11), pihak panita penyelenggara Pilkades Serentak di kabupaten belum mendapat petunjuk tentang tanggapan pertimbangan teknis pelantikan para kades dari Plt Bupati Kobar.

"Kita juga belum tahu, bagaimana tanggapan pertimbangan teknisnya dari Pak Plt. (Bupati). Tapi yang pasti yang melantik para kades itu nanti Pak Plt. Tinggal tunggu petunjuk Pak Plt," kata Antonius Heri, Minggu (13/11).

Sesuai hasil konsultasi dengan pemerintah provinsi, imbuh Heri, meskipun berstatus sebagai Plt Kobar, Nurul Edy juga memiliki wewenang untuk menjalankan tugas-tugas, yang menjadi urusan pemerintah daerah. Termasuk dalam hal pengisian jabatan struktural di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) pemkab Kobar yang akan dibentuk dan melantik kades.

"Boleh, Pak Plt. berwenang untuk melantik. Itu hasil konsultasi dengan provinsi. Bahkan untuk pengisian jabatan di SKPD yang baru dibentuk itu, Pak Plt juga berwenang," katanya.

Sebelumnya, kewenangan Nuruk Edy melantik 35 kades hasil Pilkades Serentak 7 September 2016, sempat diragukan. Sebab, dalam SK penunjukkan Plt Bupati Kobar yang diterbitkan gubernur tidak ada petunjuk yang menegaskan bahwa Plt Bupati memiliki wewenang untuk melantik kades. Sesuai jadwal tahapan dan program penyelenggaraan Pilkades Serentak Kobar 2016, pelantikan 35 kades tersebut dilakukan paling lambat 30 November 2016. (RADEN ARYO/m)

Berita Terbaru