Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keberadaan Pasar Desa Diharapkan dapat Pacu Ekonomi Masyarakat

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 08 Maret 2017 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Keberadaan pasar desa diharapkan mampu memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya yang tinggal di desa tersebut.

Hal itu seperti disampaikan ketua tim penilai lomba pasar desa tingkat Povinsi Kalimantan Tengah, Yoyo, saat melakukan penilaian Pasar Bhakti Jaya, di Desa Bina Bhakti, Kecamatan Sematu Jaya, Kabupaten Lamandau, Rabu (8/3/2017).

Yoyo menyebut, lomba pasar desa ini mempunyai tujuan yang sangat baik, di antaranya sebagai sarana peningkatan pendapatan masyarakat desa dan pusat interaksi sosial masyarakat.

Selain itu, lanjut dia, pasar desa juga bisa sebagai tempat untuk memasarkan berbagai bentuk produksi masyarakat pedesaan, menyediakan bahan pangan serta yang tidak kalah pentingnya adalah sebagai salah satu sumber pendapatan desa.

"Harapan kita, melalui kegiatan lomba pasar desa ini, kedepan akan bisa menumbuhkan pasar desa sekaligus memacu pengelolanya," terang Yoyo.

Hal serupa juga disampaikan kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lamandau, Muriadi, dalam kegiatan penilaian pasar Bhakti Jaya. Dia menyebut, pasar desa merupakan salah satu unit Badan Usaha Milik Desa (BUMdes), yang mana pasar desa merupakan penggerak roda perekonomian suatu desa.

"Dengan adanya pasar desa, maka suatu desa dapat mandiri dalam hal ketersediaan bahan pangan dan lain sebagainya," jelasnya. (HENDI NURFALAH/N).

Berita Terbaru