Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PT IMK tidak Beri Jawaban Pasti perihal Dugaan Pencemaran Sungai di Desa Olung Muro

  • Oleh Supri Adi
  • 09 Maret 2017 - 13:58 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Manajemen perusahaan pertambangan emas, PT Indo Muro Kencana (IMK), belum bersedia memberikan tanggapan mengenai dugaan pencemaran air sungai di Desa Olung Muro, Kecamatan Tanah Siang Selatan, Kabupaten Murung Raya.

Media relation PT IMK Taruna saat dimintai konfirmasi melalui WhatsApp, Kamis (9/3/2017), mengatakan dirinya tidak bisa memberi tanggapan maupun hak jawab perihal kasus tersebut.

terhadap sungai yang menjadi tumpuan hidup warga Desa Olung Muro, Kecamatan Tanah Siang Selatan, pihak perwakilan dari perusahaan tambang emas tersebut tidak memberi jawaban pasti akan permasalah tersebut.

"Untuk tanggapan dan hak jawab, saya belum bisa menjawab. Nanti kita sampaikan ke pimpinan," tulis Taruna.

Seperti pemberitaan sebelumnya, saat ini masyarakat Desa Olung Muro tengah mengalami krisis air bersih. Hal itu disebabkan sungai yang menjadi tempat mereka menjalankan aktivitas sehari-hari, termasuk untuk konsumsi, diduga tercemar limbah mandi, cuci, dan kakus (MCK) PT IMK.

Kondisi ini sudah dialami warga selama bertahun-tahun. Bahkan, ada warga yang menderita gatal-gatal maupun muntah setelah menggunakan air sungai.

"Awalnya kami tidak mengetahui kalau limbah buangan MCK PT Indo Muro Kencana pipanya langsung ke sungai. Tapi saat terjadi gejala gatal, muntah-muntah, serta gangguan pencernaan setelah warga menggunakan air sungai, kami mulai curiga dengan kualitas sungai yang gunakan sehari-hari tersebut," ungkap Kepala Desa Olung Mura Jengkis.

Setelah ditelisik ternyata ditemukan bahwa pipa MCK PT IMK mengarah langsung ke sungai di sekitar desa. (SUPRIADI/B-3)

Berita Terbaru