Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

FX Perwiragato: Pra Musrenbang Bukan Kegiatan Formalitas

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 13 Maret 2017 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Wakil Ketua DPRD Lamandau FX Perwiragato menilai, kegiatan pra Musrenbang Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) bukan merupakan acara formalitas semata.

Hal itu disampaikan politisi PDI Perjuangan tersebut kala menghadiri rapat Pra Musrenbang RKPD Lamandau tahun 2017 yang berlangsung di Aula Bappeda, mewakili DPRD Lamandau, Senin (13/3/2017).

"Kegiatan pra musrenbang ini merupakan amanat undang-undang dan peraturan turunannya yang harus kita ikuti dalam menentukan rencana kerja di tahun yang akan datang, sehingga tentu bukan merupakan kegiatan formalitas," katanya.

Gato juga menyebut, pra musrenbang memiliki peranan cukup vital, karena merupakan forum resmi saat dimana setiap SKPD menimbang dan menajamkan kembali program apa yang betul-betul sangat mendesak dan penting untuk masuk pada pembahasan tahap selanjutnya (Musrenbang RKPD).

Meskipun, katanya, tentu tidak semua program yang diusulkan di tingkat musrenbang desa hingga kecamatan tidak dapat ter-cover semua karena terbatasnya anggaran atau pagu indikitatif.

"Pagu indikatif di setiap sektor kan pasti terbatas. Dengan banyaknya usulan program, yang harus dilakukan kemudian tentu melakukan penyaringan program prioritas dengan menyusuaikan pagu indikatif itu sendiri, dan ini tidak bisa dihindari," katanya.

Perwiragato seraya berharap, bahwa semua program kerja yang nanti dihasilkan dari pra musrenbang dan masuk pembahasan musrenbang RKPD merupakan program pro rakyat.

Sehingga, katanya lagi, hasilnya betul-betul dapat dirasakan masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru