Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Miskin Masih Banyak di Karau Kuala

  • Oleh H Laily Mansyur
  • 20 Maret 2017 - 11:46 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Warga miskin masih banyak di wilayah Kecamatan Karau Kuala, Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah. Terutama masyarakat yang bermukim di pelosok perdesaan. Penghasilan mereka sangat rendah, karena hanya berharap dari hasil hutan yang tidak seberapa.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospemdes) Barito Selatan, Supriadi melalui Kepala Bidang Sosial dan Penanggulangan Fakir Miskin, Nur Salim menjelaskan, dari 6 kecamatan di Barsel, Karau Kuala termasuk kecamatan yang berpenduduk banyak, namun berpenghasilan rendah alias miskin.

'Dinsospemdes Barsel akan memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan atau yang tergolong miskin, berupa sejumlah uang. Tapi, kami belum bisa memberikan kepastian kapan realisasinya, karena bantuan tersebut dari pemerintah pusat yang bersifat cash transfer,' kata Nur Salim kepada PPost, di ruang kerjanya, di Buntok, akhir pekan lalu.

Nur Salim memastikan, untuk mengatasi persoalan kemiskinan tersebut pemerintah melalui Dinsospemdes, dalam tahun 2017 ini telah menganggarkan dana melalui program bantuan sosial. Sistem penganggaran dan penyalurannya sudah berjalan baik.

Bantuan sosial yang diberikan pemerintah, berupa sejumlah uang melalui Dinsospemdes Barsel tersebut, bukan hanya untuk warga miskin di Kecamatan Karau Kuala. Tetapi, warga berpenghasilan rendah miskin di kecamatan lain se Barsel juga akan mendapatkan.

Nur Salim menjelaskan, bantuan akan diberikan kepada masyarakat yang betul-betul membutuhkan dan telah memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Tahun 2017 ini, selain program bantuan cash transfer, Dinsospemdes Barsel juga memiliki program lain. Antara lain, usulan pembangunan rumah tempat rehab para pecandu narkoba, orang terganggu kejiwaan (gila), panti jompo, bantuan dana untuk karang taruna, dan lainya. (H. LAILY MANSYUR/PPOST/N).

Berita Terbaru