Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbun Kobar Percepat Pengembangan Produksi Buah Lokal

  • Oleh Cecep Herdi
  • 25 April 2017 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) berencana mengembangkan potensi buah-buahan yang kini sudah ditanam beberapa kelompok tani di Kabupaten Kobar.

Keberhasilan produksi buah-buahan seperti semangka, melon, dan jeruk di beberapa kecamatan membuat Dinas TPHP ikut bergerak. "Untuk saat ini memang belum ada bantuan untuk petani buah-buahan, yang ada hanya bantuan yang kami programkan untuk bawang merah dan cabai," ujar Kamaludin, Kepala Dinas TPHP Kobar, Selasa (25/4/2017).

Ia berharap jika pemerintah turut andil, produksi buah-buahan yang dipanen para petani bisa meningkat. Hasilnya bisa mencukupi kebutuha pasar lokal maupun dikirim ke luar daerah. "Yang sudah terlihat potensinya sangat besar. Ini dari buah melon, petani sudah berhasil menjual ke wilayah Kalimantan Barat (Kalbar)," ujarnya.

Bantuan dari pemerintah menurutnya bisa berupa pembinaan, bantuan bibit atau pupuk. "Tahun ini saja petani tanpa bantuan dari pemerintah sudah bisa mencukupi pasar lokal untuk tiga jenis buah ini. Bahkan saat bulan Ramadan tiba, tiga jenis buah ini akan masuk masa panen. Jadi saya pastikan Kobar bakal banjir buah," katanya.

Untuk buah melon dan semangka ditanam petani di Kecamatan Pangkalan Lada Kumai dan Pangkalan Banteng. Sementara untuk buah jeruk ditanam ileh petani di Kecamatan Arut Selatan. (CECEP HERDI/B-10)

Berita Terbaru