Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Batako Belum Terpengaruh dengan Penaikan Harga Pasir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 27 April 2017 - 17:38 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah pemilik usaha batako di Kota Kasongan dan sekitarnya belum menaikkan harga jual batako, meski sejak beberapa hari terakjhir harga pasir sudah tembus Rp800 ribu per ritnya.

"Sampai sekarang meski harga pasir itu naik menjadi Rp800 ribu per rit dari sebelumnya Rp400 ribu, kami masih belum menaikkan harga jual batako," kata Denar, pemilik usaha batako di Kereng Humbang, Kasongan, Kamis (27/4/2017).

Pasalnya, batako yang sudah ada diolah dari bahan baku pasir yang dibeli saat harga masih Rp400 ribu per rit/truk.

Denar mengaku, untuk batako kualitas sedang dijual Rp2.200 per biji, sementara untuk batako kualitas bagus dijual Rp2.600 per bijinya. Sedangkan untuk batako buta/tidak berlubang dijual Rp2.900 per biji.

Namun demikian, imbuh Denar jika kemudian harga pasir itu tetap dipatok Rp800 ribu per truk/5 kubik, maka pihaknya juga bakal menaikkan harga jual batako.

"Kita masih belum mengira-ngira berapa harga batako kita nanti kalau pasir ini tetap di angka Rp800 ribu per ritnya," imbuh Denar.

Senada diutarakan Ajik, pemilik usaha batako di Jalan Soekarno-Hatta Kasongan. "Kami juga bingung ini, mau terus mencetak tapi harga pasir sekarang mahal, mau tidak cetak persediaan batako sudah terbatas. Sementara kalau kita naikkan sekarang mungkin tidak laku, karena selisih kenaikannya cukup banyak," katanya. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru