Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Dinas PUPR Kota Akui Akses Jalan menuju Kecamatan Rakumpit Belum Terbuka

  • Oleh Testi Priscilla
  • 04 Agustus 2017 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palangka Raya Hari Maihadi mengakui bahwa jalan menuju Kecamatan Rakumpit belum terbuka.

"Untuk dapat mencapai pusat kecamatan itu memang masih harus menyeberangi sungai terlebih dahulu. Kondisi ini masih terjadi hingga sekarang," ungkap Hari, Jumat (4/8/2017).

Menurut dia, hal itu disebabkan beberapa alasan. Kendala anggaran yang masih minim menjadi alasan utama. Selain itu, luas wilayah Palangka Raya juga membuat perencanaan pembangunan infrastruktur jalan dilakukan berdasarkan skala prioritas.

"Memang konsep pembangunan infrastruktur di Kota Palangka Raya menggunakan sistem jaring laba-laba. Dengan konsep itu kita merencanakan sejumlah prioritas pembangunan infrastruktur, baik jalan maupun drainase. Anggaran yang masih terbatas membuat tidak sepenuhnya perencanaan yang ada selama ini dapat terealisasi, seperti halnya program pembangunan jalan dan jembatan di Kecamatan Rakumpit,"  sebutnya.

Untuk daerah yang sudah memiliki akses jalur darat pun, menurut Hari, masih harus dilakukan perawatan. Terutama jalan yang dalam kondisi rusak. Struktur tanah Kota Palangka Raya yang bergambut juga menjadi pertimbangan pembangunan jalan di kawasan dalam kota.

"Gambut membuat infrastruktur jalan kota menjadi tidak tahan lama. Akhirnya jalan yang semestinya sudah lama dibangun kembali menjalani perawatan. Ini tidak bisa dimungkiri struktur tanah di Palangka Raya yang bergambut tentu sedikit banyak mempengaruhi daya tahan jalan yang sudah terbangun. Sehingga bukannya membangun kita malah sering tambal sulam," sebutnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru