Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggaran tak Terserap Berarti Kinerja Rendah

  • Oleh Noor Annisa
  • 04 Agustus 2017 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengatakan, anggaran yang tidak terserap dengan baik bisa dianggap satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) tersebut memiliki kinerja yang lemah.

Menurut dia, kurangnya serapan untuk anggaran yang digunakan setiap SOPD sebagai program kegiatan menandakan bahwa pembangunannya terbengkalai. Walaupun, menurut Halikin, sepenuhnya bukan kesalahan pihak SOPD, tetapi sebagian terkendala status kawasan sehingga menghabat pembangunan.

"Visi misi Pemerintah Daerah itu didukung anggaran, kalau anggarannya tidak terserap kita dianggap tidak bekerja," katanya, Jumat (4/7/2017).

Untuk itu, dikatakannya, perlu pengkajian ulang terkait program yang masih terkendala status kawasan. Kegiatan yang sifatnya mendesak agar dijadikan prioritas.

"Agar setiap Kepala SOPD mengevaluasi mana yang bisa terlaksana dan yang tidak supaya direvisi pada perubahan anggaran,"pesannya.

Lebih lanjut, pembangunan yang terlalu lama ditunda bisa membuat resiko kerugian. Sebab jika dibiarkan dari tahun ke tahun tanpa penyelesaian maka bisa saja anggarannya berubah, mengikuti bahan pembangunan yang harganya meningkat.

"Kalau kebutuhan mendesak bangun sekaligus jangan bertahap, lebih baik tidak banyak kegiatan tapi kelihatan selesai dan bisa dimanfaatkan,"tandasnya.

Dia berharap seluruh SOPD bisa berinovasi dalam menggali pendapatan daerah baik Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Pasalnya ABPB Kotim belum mampu memenuhi untuk pembangunan seluruhnya. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru