Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tidak Ditemukan Cacing Hati pada Hewan Kurban di Kapuas

  • Oleh Hamdi
  • 07 September 2017 - 17:36 WIB

BORNEONEWS - Hasil pemeriksaan seluruh hewan kurban yang disembelih di Kabupaten Kapuas dinyatakan bersih dari cacing hati. Hal itu ditegaskan Kasi Kesehatan Hewan Drh Anik Ariswandani bahwa seluruh daging hewan qurban bebas dari cacing hati di ruang kerjanya, Kamis (7/9/2017).

"Total hewan ternak kurban tahun ini sebanyak 306 ekor sapi, 3 ekor kerbau dan 40 ekor kambing. Seluruhnya aman dan bebas dari cacing hati dan semua hewannya dalam kondisi sehat serta layak untuk dijadikan kurban dari segi kesehatan," kata Anik.

Pemeriksaan tersebut, kata Anik dilakukan sebelum hewan ternah di sembelih dan sesudah hewan ternak disembelih. Sebelum disembelih ternak tersebut, sambungnya diperiksa kesehatannya dan kelayakannya, itu katanya bisa dicek dari mulutnya.

Sedangkan untuk yang sudah disebelih, tambahnya, daging hewan tersebut akan deperiksa, karena takutnya didalam daging tersebut mengandung cacing hati. "Untuk hewan kurban pada Idul Adha kemarin, semua dagingnya aman dan tidak ada mengandung cacing hati," kata dia.

Bidang Peternakan telah menurunkan tim khusus kesetiap Kecamatan untuk melakukkan pemeriksaan kesehatan hewan kurban sebelumnya. (HAMDI/B-8)

Kasi Kesehatan Hewan Drh Anik Ariswandi dan tim kesehatan hewan sedang memeriksa daging hewan kurban yang telah dipoting beberapa hari lalu.

Berita Terbaru